SITUS JEJARING SOSIAL DI INDONESIA



 


Apakah itu situs jejaring sosial ?

1.1 Pegertian Jejaring Sosial (social networking).

Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Sebuah layanan jaringan sosial adalah layanan online, platform, atau situs yang berfokus pada bangunan dan mencerminkan dari jaringan sosial atau hubungan sosial antara orang-orang, misalnya, minat yang sama dan / atau kegiatan.

1.2 Sejarah jejaring sosial


Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. 

Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer. Situs jejaring sosial pertama, yaitu Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997.

Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001.
  
Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam kelanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain.Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Hingga akhir tahun 2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling diminati.
Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook.Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya.Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda.Twitter menggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow).

Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

1.3 Katagory Jaringan Social

Masyarakat online dapat dipecah menjadi kategori utama termasuk informasi, profesional, pendidikan berita, hobi, akademis, dan yang terkait.

1.3a .Informational

Informational masyarakat terdiri dari orang-orang yang mencari jawaban atas masalah-masalah sehari-hari. Sebagai contoh, ketika Anda mencari produk investasi terbaik untuk membangun masa pensiun Anda, Anda dapat melakukan pencarian web dan menemukan blog yang tak terhitung jumlahnya, website, dan forum penuh dengan orang-orang yang mencari jenis informasi yang sama. Informational masyarakat sering dikaitkan dengan dari bisnis seperti bank, retailer, dan perusahaan lain yang menggunakan jaringan sosial sebagai cara untuk berinteraksi dengan pelanggan. Dalam jaringan sosial Anda akan menemukan banyak "bagaimana-untuk" gaya kolom informasi dan nasihat yang ditulis oleh para profesional.
Contoh Situs :
http://www.ehow.com/

http://www.diychatroom.com/

1.3b.Profesional

Profesional jaringan sosial membantu Anda untuk meningkatkan dalam karir Anda atau industri. Jika Anda seorang teknisi lapangan untuk sebuah perusahaan ponsel, Anda mungkin mempertimbangkan untuk terlibat dalam komunitas online perusahaan Anda di mana pelanggan dapat memposting pertanyaan. Jawab mereka dengan baik dan CEO perusahaan Anda sendiri mungkin melihat. Jika Anda seorang copywriter freelance, Anda mungkin ingin terlibat dalam salah satu dari banyak komunitas menulis online di mana penerbit dan agen sastra juga cenderung untuk hang out. Beberapa contoh dari jaringan sosial profesional yang tercantum di bawah ini.
Contoh Situs :
http://www.linkedin.com/
http://www.sixapart.com/

1.3c. Pendidikan

Jaringan Pendidikan adalah di mana banyak siswa pergi untuk berkolaborasi dengan siswa lain di proyek akademik, untuk melakukan penelitian untuk sekolah, atau untuk berinteraksi dengan para profesor dan guru melalui blog dan forum kelas. Jaringan Pendidikan adalah di mana banyak siswa pergi untuk berkolaborasi dengan siswa lain di proyek akademik, untuk melakukan penelitian untuk sekolah, atau untuk berinteraksi dengan para profesor dan guru melalui blog dan forum kelas.Beberapa contoh jaringan sosial pendidikan seperti tercantum di bawah ini.
Contoh Situs :
http://www.thestudentroom.co.uk/Sebuah komunitas berbasis siswa-Inggris
http://www.epals.com/siswa sekolah Menyambungkan dari seluruh dunia untuk mempromosikan perdamaian dunia
http://www.EducationalNetworking.com

1.3d. Hobi

Salah satu alasan paling populer banyak orang menggunakan internet adalah untuk melakukan penelitian pada proyek favorit mereka atau topik yang menarik yang berhubungan dengan hobi pribadi. Dalam kebanyakan kasus, ketika orang menemukan sebuah website didasarkan pada hobi favorit mereka, mereka menemukan seluruh masyarakat orang dari seluruh dunia yang berbagi minat yang sama untuk kepentingan mereka.. Inilah yang terletak di jantung apa yang membuat pekerjaan sosial jaringan, dan inilah sebabnya jaringan sosial yang terfokus pada hobi adalah beberapa yang paling populer. A few examples are listed here. Beberapa contoh terdaftar di sini.
http://www.automotiveforums.com/
http://www.sportspundit.com/

1.3e.Akademik

ARPANET, US Department of jaringan paket asli Pertahanan switching, akhirnya berubah menjadi sebuah jaringan besar yang tidak hanya digunakan untuk tujuan militer, tetapi untuk kolaborasi penting dalam komunitas ilmiah. Hal ini cukup beralasan bahwa para ilmuwan akan tetap sangat terlibat dalam upaya kolaboratif melalui Internet. Jaringan sosial adalah suatu manfaat yang jelas bagi para peneliti akademik. Beberapa contoh dari komunitas akademik yang paling populer meliputi berikut ini.Contoh Situs :http://www.connotea.org/
http://www.broadinstitute.org/annotation/genome/neurospora/CAHome.html

1.3f. Berita

Tipe lain populer jaringan sosial adalah mereka yang mempublikasikan "content masyarakat. Ini adalah website konten besar di mana anggota diperbolehkan untuk menerbitkan berita, komentar, atau apa pun. Hati-hati dipantau, situs-situs tersebut kadang-kadang menghasilkan beberapa konten menarik, tapi dimonitor mereka sering berubah menjadi sebuah rumah gila promosi penuh dengan iklan dan promosi diri.Sebuah "komunitas konten" beberapa situs tetap di bagian atas kemasan. Namun, karena penulis tidak diharuskan melewati semacam tes menulis, Anda mungkin perlu sedikit menyaring konten buruk ditulis untuk menemukan barang bagus.

0 Response to "SITUS JEJARING SOSIAL DI INDONESIA"

Poskan Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes