Perkembangan Sistem Operasi

JENIS- JENIS SISTEM OPERASI

2.1 DOS

Sistem Operasi DOS adalah DOS (Disk Operating System ) merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongan system operasi. Disk Operating System dipakai pada media penyimpan disk, baik disket maupun harddisk
Sistem operasi PC DOS ( Personnal Computer Disk Operating System) ini ditujukan untuk pemakaian mikrokomputer IBM (IBM PC). Yang pada mulanya di tahun 1980, tim Petterson membuat opearting system membuat operating system untuk Seatle Computer Product yang membutuhkan S-100 system dengan mempergunakan INTEL 8086. Operating system tersebut dinamakan QDOS (Quick and Dirty Operating System ). Pada akhir tahun 1980, QDOS dikembangkan dan diberi nama 86-DOS (DOS untuk 8086).
Beberapa produk DOS sampai saat ini adalah :
* DOS 1.0    DOS 2.0    * DOS 3.0    * DOS 3.1
* DOS 3.2    DOS 3.3     * DOS 4.0    * DOS 5.0    * DOS 6.0

2.2 Windows

Sistem operasi windows pertama kali diperkenalkan tahun 1985. Semulanya sistem operasi windows ini diperkenalkan dengan nama Interface Manager. Pemakaian sistem operasi ini pada awalnya tidak terlalu menarik . Ini terjadi hingga diperkenalkan sistem operasi windows versi 3.0 pada bulan mei 1990.

2.3 UNIX

UNIX adalah nama system operasi yang dapat diterapkan pada berbagai jenis mesin. Sistem operasi UNIX ini diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell Laboratory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.
Berbagai versi UNIX
Nama    Vendor
AIX        IBM
DG/UX        Data General
HP/UX        Hawlette-Packard
PC/IX        Interactive System Corporation
SCO UNIX    SCO
SINIX        Siemens
ULTRIX    DEC
UNICOS    Cray Research
UNIX        AT&T, SCO, Sun Microsystem
VENIX        VenturaCom, Inc
XENIX        SCO / Microsoft
UNIXWARE    CALIFORNIA

2.4. Linux


Linux sangat mirip dengan sistem-sistem UNIX, hal ini dikarenakan
kompatibilitas dengan UNIX merupakan tujuan utama desain dari proyek Linux.
Linux  adalah operating system yang bersifat open source. Apa open source itu???Secara sederhana open source berarti program, software atau aplikasi yang bersifat gratis berikut dengan kode-kode bahasa pemprograman yang boleh di gunakan dan di modifikasi oleh siapa saja. Hal ini lah yang menyebabkan banyak sekali macam dari versi nya, disebabkan oleh kode-kode pemprograman dari Linux bersifat terbuka dan bisa di modifikasi oleh siapa saja, dan siapa saja boleh mendistribusikan OS ini.
Alhasil, karena bersifat open source, Linux banyak sekali memiliki versi. Versi-versi dalam Linux disebut “Distro”. Mulai dari Ubuntu, Kubuntu, Fedora, Mandriva, Backtrack, dan lain-lain.


















~ Asianux Server 3   
~ CentOS        
~ CentOS x64
~ Debian 5       
~ Debian 5 x64
~ MAndrake Linux    
~ Mandriva Linux       
~ Mandriva Linux 64-bit Open Suse   
~ Open Suse 64-bit        
~ Oracle EnterPrise Linux
Oracle EnterPrise Linux 64-bit
Novel Linux Desktop 9
Red Hat Enterprise Linux 5
Red Hat Enterprise Linux 5 64-bit
Red Hat Enterprise Linux 4
Red Hat Enterprise Linux 4 64-bit
Red Hat Enterprise Linux 3
Red Hat Enterprise Linux 3 64-bit
Red Hat Enterprise Linux 2
Red Hat LinuxSun Java Desktop System
Caldera
Slackware
Suse Linux Enterprise 11
Suse Linux Enterprise 11 64-bit
Suse Linux Enterprise 10
Suse Linux Enterprise 10 64-bit
Suse Linux Enterprise 9/8/7
Suse Linux Enterprise 9/8/7 64-bit
Suse Linux
Suse Linux 64-bit
Corel
Turbo Linux
Turbo Linux 64-bit
Linux Kernel (2.2 / 2.4 / 2.6)
Ubuntu    - Ubuntu 64-bit



2.5 APPLE MACINTOSH ( MAC OS )


Merupakan turunan dari UNIX melalui jalur BSD (Berkeley Software Distribution). Oleh karena itu
kekuatan dalam multi-tasking, multi-user, networking yang ada pada UNIX juga dimiliki oleh Mac OS. Mac OS adalah system operasi berbasis GUI. Apple merupakan pelopor dalam penggunaan GUI pada sistem operasi. Penggunaan icon, mouse dan beberapa komponen GUI merupakan sumbangan yang luar biasa bagi perkembangan sistem operasi berbasis GUI. System operasi yang unggul dalam hal grafik. Memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di-install di computer biasa. Versinya antara lain Mac OS X (Tiger), Leopard
.

2.7.Solaris

Solaris/Sun Solaris adalah sistem Operasi berbasis Unix yang awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystem. Solaris menggantikan produk awal mereka SunOS pada tahun 1992. Sun Solaris telah berganti nama menjadi Oracle Solaris semenjak Perusahaan Sun Microsystem diakusisi oleh perusahaan Oracle pada tahun 2010. Solaris disertifikasi berlawanan dengan Single Unix Specification. Meskipun secara historis dikembangkan sebagai software berpemilik, Solaris mendukung sistem yang dibuat oleh semua perusahaan server, dan sebagian besar dari basis kodenya sekarang menjadi software open source melalui proyek Open Solaris.

2.8. NET WARE


Arti istilah Netware dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut Network Operation System (NOS) yang diproduksi oleh Novell.

2.9. IBM OS/2

IBM OS/2 adalah sistem operasi yang dibuat secara bersama-sama oleh International Business Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM PS/2, (pengganti komputer IBM PC/AT), sebagai pengganti sistem operasi DOS yang telah lama digunakan. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2. Pengembangan sistem operasi ini dilakukan oleh kedua perusahaan tersebut, dengan menggunakan perjanjian Joint Development Agreement (JDA) yang ditandatangani pada tahun 1987. Sistem operasi tersebut didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari mikroprosesor
Intel

80286, termasuk di antaranya adalah modus terproteksi (protected mode), mampu menjalankan banyak tugas secara simultan (multitasking), serta mendukung memori virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak

0 Response to "Perkembangan Sistem Operasi"

Poskan Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes