APA ITU WINDOWS SEVEN (7)

APA ITU WINDOWS SEVEN (7)

Windows 7, the latest client version in the Mi...Image via WikipediaMicrosoft Windows 7 merupakan sistem operasi pengembangan dari Windows Vista yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna
.
Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. dengan banyak penyempurnaan dan penambahan fitur. Jadi Windows 7 ini bukanlah pengganti Windows Vista sebagaimana iformasi yang berkembang di masyarakat saat ini. Dengan kata lain, Windows 7 adalah sistem operasi pengembangan dan penyempurnaan dari sistem operasi sebelumnya, baik Windows XP maupun Windows Vista dengan penambahan berbagai fitur baru dan kemampuan baru yang sebelumnya tidak ada di Windows versi sebelumnya.


Microsoft Windows 7 ini mempuyai banyak fitur baru, walaupun relatif masih deket dengan Windows Vista, tetapi di Windows 7 semua kemampuan yang ada di Windows Vista sudah disempurnakan.
Pada Windows 7, walaupun Microsoft tidak banyak merombak tampilan desktop, tetapi fasilitas yang ada lebih disemurnakan, juga dengan tombol start yang semakin interaktif dan hidup. Selain itu tentu saja Microsoft telah menambah berbagai fitur mulai dari ikon sampai dengan tampilan disetiap jendela. Walaupun Microsoft Windows 7 bukan merupakan suatu revoluasi tetapi tetap saja kehadirannya akan mengguncang sistem operasi dunia dimasa yang akan datang.


Ada satu hal yang cukup menarik dari Windows 7 ini antara lain "Process Reflection". Dengan fasilitas ini akan mengurangi gangguan yang disebabkan oleh proses diagnostik. Sebagai contoh, apabila terjadi sebuah proses yang kemudian mengalami kegagalan, maka Windows 7 akan menangkap isi proses yang gagal dari memori untuk kemudian direplikasi melalui semacam "kloning". Proses yang gagal akan diagnosa dan disaat yang bersamaan aplikasi pengguna (dalam proses yang telah direplikasi) sehingga dapat terus berjalan sehingga pemakai akan tetap produktif menggunakan aplikasi ketika Windows 7 menganalisa kondisi kegagalan proses. Itu merupakan salah satu fitur andalan dari Windows 7, dan tentu saja masih banyak fitur lain akan akan dibhasa dalam tulisan berseri ini.

Adapun Jenis-Jenis dari Windows Seven ( 7 )

seperti pendahulunya, Windows Vista, yang memperkenalkan banyak fitur baru yang kadang tidak begitu diperlukan, Windows 7 ditujukan sebagai sebuah versi upgrade bertahap dalam jajaran sistem operasi desktop, dengan sasaran kompatibel secara penuh dengan aplikasi dan perangkat keras yang didukung oleh Windows Vista. Pembaruan yang terdapat dalam Windows 7 ketimbang Vista adalah desain ulang Windows Shell dengan taskbar yang baru, yang kemudian dikenal dengan sebutan SuperBar, sebuah sistem jaringan rumahan yang disebut dengan HomeGroup, dan banyak peningkatan yang dilakukan dalam sisi kinerja. Beberapa aplikasi yang pada Windows Vista ada, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, pada Windows 7 justru dihilangkan, tapi dimasukkan sebagai sebuah tambahan saja pada paket Windows Live Essentials yang disediakan secara gratis.
Windows 7 datang dengan 6 varian, sebagai berikut:

Windows 7 Starter Edition

Windows 7 Starter Edition adalah sebuah versi Windows 7 yang memiliki fitur paling sedikit. Tema Windows Aero Desktop yang menjadi ciri dari Windows 7 saja tidak terdapat di dalamnya. Windows 7 Starter Edition hanya ada dalam versi 32-bit, dan tidak memiliki versi 64-bit. Wallpaper desktop juga tidak dapat diganti oleh pengguna. Karena itulah, edisi ini hanya tersedia pada komputer yang dijual oleh para OEM.

Windows 7 Home Basic

Windows 7 Home Basic merupakan sebuah versi Windows 7 yang ditujukan untuk beberapa pasar di negara yang sedang bekembang, seperti Bangladesh, Brazil, Republik Rakyat Cina, India, Indonesia, Meksiko, Pakistan, Filipina, dan Thailand. Di beberapa negara maju, seperti Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, Arab Saudi, Belanda, Uni Emirat Arab, dan Jepang, tidak ada versi Windows 7 Home Basic. Windows Aero beberapa fiturnya telah masuk ke dalam Windows 7 Home Basic, tapi beberapa fitur tidak diaktifkan.

Windows 7 Home Premium

Windows 7 Home Premium adalah sebuah varian Windows 7 yang ditujukan untuk segmen komputer rumahan. Fiturnya lebih lengkap ketimbang dua versi sebelumnya, dengan ditambahi Windows Media Center, Windows Aero Desktop (lengkap) dan beberapa kontrol untuk layar sentuh.

Windows 7 Professional

Windows 7 Professional adalah sebuah varian Windows 7 yang ditujukan untuk para pengguna antusias dan bisnis. Semua fitur dari Windows 7 Premium telah dimilikinya, dan bisa juga dimasukkan ke dalam sebuah domain berbasis Windows Server. Fitur tambahan juga dimiliki oleh Windows 7 Professional, seperti dapat berioerasu nebhadu server Remote Desktop, Encrypting File System, Presentation Mode, Software Restriction Policies (tapi bukan AppLocker) dan Windows XP Mode.

Windows 7 Enterprise

Windows 7 Enterprise merupakan sebuah varian Windows 7 yang ditujukan untuk segmen perusahaan, dan hanya dijual melalui Volume Licensing kepada perusahaan yang telah memiliki kontrak Software Assurance dari Microsoft. Tambahan fiturnya antara lain BitLocker Drive Encryption, BitLocker to Go, dukungan aplikasi UNIX melalui Subsystem for UNIX Application (SUA), dan Multilingual User Interface (MU        I). Versi ini tidak dijual dengan cara ritel atau OEM.

Windows 7 Ultimate Edition

Windows 7 Ultimate Edition mengandung semua versi Windows 7 Enterprise, tapi tidak seperti Windows 7 Enterprise, versi ini tersedia untuk para pengguna rumahan biasa dengan menggunakan lisensi individual. Windows 7 Home Premium dan Windows 7 Professional dapat saja meng-upgrade ke Windows 7 Ultimate dengan menggunakan Windows Anytime Upgrade, tentu saja dengan mengeluarkan biaya. Tidak seperti Windows Vista Ultimate yang menawarkan Ultimate Extras, Windows 7 Ultimate tidak menawarkannya.

1 Response to "APA ITU WINDOWS SEVEN (7)"

  1. Unknown says:

    Sangat komplet tutorialnya pak. terimakasih. semoga blognya tambah rame. Maaf Numpang promo pak kali aja ada yang cari 'service komputer panggilan surabaya' . terimakasih pak admin.

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes