Apa Internet Itu ?



Internet : Interconnected Networking (jaringan yang saling terhubung).

Kecepatan transfer data
Komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi data – data (teks, suara, gambar, dan suara). Dalam perpindahan data dari satu komputer di internet ke komputer lain dan demikian juga sebaliknya, kecepatan transfer data merupakan hal yang penting. Kecepatan transfer data dari sebuah komputer server di internet ke komputer kita sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan
Satuan kecepatan transfer data adalah byte per second (bps). Artinya banyak bit data yang dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer yang lain dalam satu detik. Pada umumnya, ISP yang ada di Indonesia menggunakan modem berkecepatan 28,8kbps, 33,6kbps,atau 56kbps.

Bandwith
Adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama – sama oleh data – data yang ditransfer. Semakin banyak data yang melewati jalur transfer data maka semakin lambat kecepatan transfernya.

Memiliki server proxy
Server Proxy berfungsi untuk menyimpan alamat – alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses website – website favoritnya dengan lebih cepat. Hal ini disebabkan server tersebut menyimpan halaman – halaman web yang sering dikunjungi. Jika pelanggan mengunjungi website favoritnya, pelanggan tidak perlu terhubung langsung dengan server website tersebut. Server proxy akan menghemat penggunaan bandwith karena pelanggan tidak perlu lagi terkoneksi langsung ke website yang sering dikunjungi.

Memiliki backbone
Adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Pembuatan sebuah backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. Kebanyakan, ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama – sama dengan ISP lain. Penggunaan backbone secara bersama – sama dapat menghemat biaya, namun mengurangi kecepatan akses masing – masing ISP.

Keamanan Data
Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP menggunakan Firewall untuk menjamin keamanan transaksi online yang kita perlukan.

Layanan yang dihasilkan
Kita juga perlu tahu layanan apa saja yang disediakan oleh sebuah ISP. Apakah ISP tersebut memberikan account e-mail? Berapa besar account e-mail yang disediakan ? apakah e-mail tersebut mendukung POP3? Apakah ISP tersebut dilengkapi dengan spam filter? Dan berbagai layanan lain.

Biaya
Beberapa ISP memberikan pilihan pembayaran dengan menggunakan sistem paket. Biasanya, sistem paket akan lebih murah bila dibandingkan dengan sistem pembayaran perwaktu pemakaian. Hanya saja, dalam hal ini kita perlu memperhitungkan waktu pemakaian yang kita gunakan. Jika kita berlangganan dengan sistem paket. Kita harus tetap membayar, walaupun kita tidak menggunakan internet.

Hardware
Salah satu perangkat yang digunakan untuk koneksi ke internet adalah MODEM (Modulator Demodulator) yaitu sebuah alat yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, kemudian dari sinyal analog yang diterima diubah kembali menjadi sinyal digital.

Teknologi yang digunakan
Beberapa ISP untuk layanan koneksi dial-up menggunakan teknologi kompresi data, yang memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat. Sedangkan untuk layanan koneksi internet dengan 3G, beberapa penyedia layanan menggunakan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) yang memungkinkan kecepatan akses data hingga 2,6 Mbps.

applikasi internet 

1 wwww (worl waide web) : dokumen yg disimpan di server seluruh dunia
2 Email (electronic mail) : aplikasi internet u/ berkirim surat secara electronik
3 millis (mailing list )sarana surat menyurat & berdiskusi u/ satu kelompok group
4 irc (internet relay chat): aplikasi internet u/ berkonikasi atau bercakap-cakap dalam teks
5 gopher : aplikasi internet u/ mencari informasi tetapi hanya dalam bentuk text saja
6 telnet: aplikasi internet u/ mengakses komputer yang letak nya jauh
7 ping : aplikasi u/ mengetahui apakah komputer yang digunakanterkoneksi ke internet atau tidak


    Adalah hubungan antara satu komputer dengan komputer lainnya, hingga milyaran komputer di seluruh dunia yang dapat bertukar informasi dan data, baik data teks, gambar, suara, animasi, film dan data lainnya dan disimpan dalam sebuah perpustakaan raksasa yang bisa dikunjungi oleh siapa, kapan, dan dimana saja.
    Sejarah Internet
    Dimulai dengan diadakannya penelitian proyek ARPHANET tahun 1969 oleh 4 Universitas besar di Amerika Serikat dan pada Oktober 1972 ARPHANET diperkenalkan ke masyarakat. Dari tahun ke tahun pengguna ARPHANET meningkat hingga pada awal tahun 80-an jaringan ARPHANET diganti dengan jaringan TCP / IP.
    Proyek ARPHANET dilanjutkan dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation) hingga namanya diganti dengan Proyek NSF-NET. Pada awal 1990 Pemerintah Amerika Serikat mengizinkan Proyek NSF-NET ke arah komersial.

    How to Connect to Internet ?
    Untuk dapat bergabung dengan jaringan Internet, kita perlu memiliki :
    1. Seperangkat Komputer, untuk mengakses komputer lain melalui internet.
    2. Telephone Line, untuk menghubungi komputer lain melalui jalur telepon.
    3. Modem, untuk mengubah sinyal telepon menjadi sinyal yang dapat diterima komputer.
    4. Software, aplikasi komputer yang digunakan untuk menikmati layanan yang didapatkan melalui Internet, seperti Web Browser.
    5. Internet Service Provider (ISP), sebuah perusahaan yang menawarkan jasanya untuk menyediakan hubungan internet berlangganan bagi para pelanggannya, seperti MDPnet, IndoNet, IndosatNet, etc.
    Tekomnet@instan juga sebuah layanan penyedia koneksi internet dari Telkom dimana ongkos pemakaian internet dibebankan pada pemakaian pulsa telepon untuk internet.
    Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP, yaitu :

    0 Response to "Apa Internet Itu ?"

    Poskan Komentar

    powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes